Beranda » Otomotif » Settingan Klep Satria FU, Renggang Justru Lebih Kencang?

Settingan Klep Satria FU, Renggang Justru Lebih Kencang?

Dilihat 3.599x | Tags Otomotif,

Settingan Klep Satria FU, Renggang Justru Lebih Kencang? Juli 2018

Untuk kondisi standar, penyetelan celah klepnya disetel 0,2 mm untuk masuk dan 0,3 pada katup buang. Lalu apa sih bedanya kalau motor digunakan untuk sehari-hari dan untuk perjalanan jauh seperti turing? Setelan klep lebih renggang membuat tarikan lebih enak. Shim-nya bisa disesuaikan, seperti pada motor ini, standar menggunakan 202 dan 180.

Memang terkadang mesin anyar dari pabrik pun masing-masing memiliki setelan yang berbeda. Sehingga settingan-nya pun berbeda pula. Menentukan celah klep dan memilih shim yang pas untuk setelan Satria FU ini sebaiknya, agar lebih presisi, perlu dibuka dulu kepala silindernya dan diperhatikan. Tetapi sebelum dibongkar, perhatikan dulu celah yang ada sebelumnya.

Kepala silinder Satria FU boleh dibilang cukup canggih. Bagaimana tidak, sudah menganut sistem DOHC (double overhead camshaft) dengan 4 katup di kepala silindernya. Tentunya tak seperti mesin konvensional biasa di dalamnya.

Dengan teknologi ini masing-masing kem hanya fokus pada dua buah klep, baik untuk inlet maupun katup exhaust. Sehingga bukaan katupnya pun lebih konstan hingga putaran atas, karena tiap kem hanya mengatur posisi katup masuk atau keluar saja. Tak heran penyetelannya pun tak biasa. Tetapi menggunakan shim yang memiliki beberapa ketebalan.

Kemudian, setelah diketahui celahnya, baru deh bisa menentukan ketebalan shim yang akan dipakai sebagai pilihan berikutnya. Pasalnya got klep belum tentu sama antara mesin Satria FU yang satu dengan yang lain, seiring pemakaian dan perawatan masing-masing tentunya.


Keywords : Settingan Klep Satria FU, Renggang Justru Lebih Kencang?,