Beranda » Otomotif » Langkah-langkah Mengganti Ban Mobil antisipasi saat Ban Bocor

Langkah-langkah Mengganti Ban Mobil antisipasi saat Ban Bocor

Dilihat 2.529x | Tags Otomotif,

Langkah-langkah Mengganti Ban Mobil antisipasi saat Ban Bocor Oktober 2019

Ban bocor di dalam perjalanan? Mungkin saja nyaris seluruhnya pengendara mobil pernah merasakannya. Untuk yang dapat serta umum utak-atik sendiri sih, no problemo. Tetapi yang sekalipun buta masalah ngoprek mobil, mungkin saja permasalahan besar.

Agar tidak cemas serta kelimpungan waktu peristiwa, mulai saat ini mesti dipelajari serta dipahami langkah ganti ban accelera alpha sendiri. Tentu dengan memerhatikan sebagian poin utama dibawah ini.

1. Posisi Ban Serep Serta Tools

Paling pertama serta harus dikerjakan yaitu pelajari tempat penyimpanan ban serep dan kelengkapan peralatan bongkar pasangnya. Diantaranya dongkrak, tuas pemutar dongkrak serta kunci roda.

Ini modal awal hadapi kemungkinan ban kempis di dalam jalan. “Pada mobil sedan, umumnya terdapat di bagasi belakang. Sedang untuk sebagian jenis mobil seperti SUV ada yang di kolong luar dekat knalpot, ” tutur Sindhunata, dari Autolube Motorsport (AM).

Sesekali mempraktekan langkah melepas ban serep juga butuh dikerjakan. Anggap saja juga sebagai gladi resik hadapi keadaan darurat. Dapat diawali dari terlepas ban serep. Juga sebagai misal pada ban serep mobil sedan, cukup putar penguncinya ke arah kiri, dilanjutkan mengangkat ban serep gunakan ke-2 tangan. Atau pada mobil dengan ban serep jenis konde. Tinggal siapkan kunci sok untuk buka roda dari tempatnya.

Yakinkan posisi ban serep serta tool kit. Dan yakinkan tahu langkah melepas ban serep dari kedudukannya.

2. Tempat Parkir Serta Bongkar Ban

Bila ban yang kempis desakan udaranya betul-betul habis, serta mesti membongkarnya. Upayakan mencari tempat aman. “Kalau peristiwanya di jalan sepi, tambah baik mobil dipaksakan jalan selalu hingga ketemu daerah yang agak ramai. Hal semacam ini manfaat hindari kejahatan, ” wanti pria yang bengkelnya terdapat di Jl. Meruya Ilir Raya No. 29, Jakbar.

Lantas mencari tempat yang rata atau tak terlampau miring. Supaya saat sistem dongkrak, mobil tak miring serta dongkrak dapat menyokong mobil dengan benar. Waktu mendongkrak seluruhnya penumpang mesti keluar dari mobil. Janganlah lupa kunci seluruhnya pintu untuk keamanan hingga terlepas dari tangan jahil.

3. Langkah Dongkrak Serta Terlepas roda

Nah, agar tidak salah kaprah. Mari mengerti sisi mana yang bisa serta tak bisa didongkrak. “Baik depan ataupun belakang, lebih amannya dongkrak dipasang dibagian sasis. Dekat lengan ayun. Bila di gunakan dibawah sokbraker, di kuatirkan dongkrak turut ngeper serta bakal mental, ” katanya.

Langkah dongkraknya juga tak terlampau repot. Pertama siapkan peralatan dongkrak serta diposisikan dibawah sasis dekat roda yang bakal didongkrak. Lalu gunakan serta kaitkan tuas besi pemutar dongkrak pada lubang pengait dongkrak serta putar.

4. Yakinkan dongkrak ada diposisi yang benar.

Buka baut juga ada tricknya. “Perlu diingat, saat sebelum roda didongkrak penuh, baiknya baut roda yang bakal dilepaskan telah dikendurkan lebih dahulu. Agar waktu ban telah terdongkrak, melepasnya lebih gampang, ” anjur Asiang, yang memiliki bengkel Sumber Jaya Ban di Jl. Ciputat Raya No. 6 Pasar Jumat Jaksel.

Lantaran saat sebelum didongkrak, roda masih tetap diam disebabkan menahan beban mobil. Jadi waktu mengendurkan baut tak perlu menahan roda supaya tak berputar. Begitupun sesudah ganti ban, supaya lebih gampang mengencangkan baut dikerjakan sesudah turunkan dongkrak.

Oh ya, spesial mobil-mobil besar seperti SUV, karena profil bannya semakin besar serta berat, baiknya siapkan nomor-nomor telpon pertolongan. Pasalnya bila di lakukan sendiri lebih repot serta perlu tenaga ekstra. Terlebih apabila mesti dikerjakan seseorang wanita.


Keywords : Langkah-langkah Mengganti Ban Mobil antisipasi saat Ban Bocor,