Beranda » Motor » Otomotif » Modifikasi Honda BeAT Stroke besar, bobot ringan, paling Cepat di Kelas 155 cc

Modifikasi Honda BeAT Stroke besar, bobot ringan, paling Cepat di Kelas 155 cc

Dilihat 30.575x | Tags Motor, Otomotif,

Modifikasi Honda BeAT Stroke besar, bobot ringan, paling Cepat di Kelas 155 cc Januari 2019

Dimodifikasi drag bike menggunakan velg TDR terbaru, motor Standar Honda Beat overstroke membuat tenaganya jadi ngacir dari awal tarik selongsong gas. Tenaga ini tetap dijaga karakternya. Malah diusahakan lebih panjang jangkauannya, untuk memperkuat basis bawaan Beat.
Alasan Tomo Speed Shop (TSS) memilih Honda Beat diadu di Matik Tune-Up s/d 155 cc. Selain stroke besar, motor ini sangat ringan, standarnya aja cuma 89 kg.

TSS kali ini tidak mengorder mesin ke Thailand seperti kebiasannya. Kan  tersedia pin stroke yang tinggal pasang. Pen atau pin kruk-as yang otomatis menambah langkah torak ini, tinggal dijangkau dari belakang kursi duduk Tomo di bengkelnya. Ini barang sudah diperjual belikan di rumah modifikasi mesin matik, termasuk di TSS tadi. Yaaaah, masih buatan Thailand juga, tapi sekarang sudah banyak ditiru lokalan.

Cara pasang pin stroke ini tinggal ganti yang aslinya. Pin stroke yang dipilih adalah 1,5 mm. Jadinya stroke 56.5 mm dari standar Beat 55 mm.  Kalau stroke bertambah ya kapasitas juga naik. Tapi itu kan baru stroke alias belum bisa mengejar kelas yang diikuti.

Diameternya tetap bertahan dengan silinder Beat, namun sumur silindernya dimelar. Melarnya bukan dibakar, tapi ke tukang korter mesin untuk dibore-up jadi diameter 56.6 mm. “Diameter silinder ini mengikuti lingkaran piston LHK yang HI Speed 56.5 mm,” jelas Tomo sembari mempromosikan piston LHK yang tinggal pakai. Coakan payung klepnya sudah tersedia dengan rapi jali pada piston ini. Juga sudah terbukti ampuh menahan gebukan kompresi.

“Power rata sejak start. Nggak repot bawanya,” kata Cendy Gerry, salah satu joki TSS yang juara di seri 3 Pertamian Drag Bike di Tasikmalaya dengan time 8.055 detik.


Data Modifikasi

Kompresi : 12:1
                
Klep : Honda Sonic

Diameter klep :  28/24

Per klep :  Jepang

Celah klep :  0,10-0,15 mm

Karburator :  Keihin PE 28

Selongsong gas :  Yamaha TZM

Kenalpot :  TSS

Leher knalpot :  Mr. Cha Thailand

Busi :  Denso

CDI :  BRT

Sokbreker :  YSS

Cakram depan :  NUI

Velg : TDR Racing 120 (depan) 140 (belakang)

Sasis :  Custom

Roller :  8 gram (LHK)

Per kopling           : 1.500 rpm

Puli : Custom (Kemiringannya diubah)

Kapasitas oli :  Mesin 500 cc, transmisi 50 cc


Keywords : Modifikasi Honda BeAT Stroke besar, bobot ringan, paling Cepat di Kelas 155 cc,